KOTA BANDUNG, - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Bandung. Namun, peningkatan kunjungan turis diharapkan bukan dari sisi kuantitas, melainkan kualitas.

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, setiap tahun, tak kurang dari 6 juta wisatawan mancanegara datang ke Kota Bandung. Jumlah tersebut bisa bertambah setiap tahun.

"Peningkatannya harus quality, bukan hanya jumlah. Kalau dia hanya ecek-ecek, tidak signifikan nilai ekonominya kan, rendah," kata Emil di New Majestic, Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (20/5/2014).

Lebih lanjut, Emil menjelaskan maksud dari peningkatan turis dari segi kualitas itu. Menurut dia, turis yang datang ke Bandung harus mempromosikan kembali Kota Bandung ke negara masing-masing sepulang turis tersebut berkunjung.

Emil mengakui, program Wali Kota Bandung menjadi pemandu wisata rombongan wisman setiap bulan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan turis ke Kota Kembang ini.

Dia pun berharap pihak lain bisa bekerja sama untuk mewujudkan misinya tersebut, termasuk melibatkan beberapa universitas.

"Maka, saya minta satu universitas bikin dua konferensi setiap tahun. Kalikan 30 sudah ada 120 konferensi. orang-orang asing pintar semua yang datang ke sini dan pulang-pulang dia bawa jaringan," ucapnya. (tbn)
 
Top