BANDUNG - Setelah road show ke Yogyakarta, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) melanjukan road show untuk memperkenalkan mobil listrik di Kota Bandung, Selasa (26/11/2013).

Ada empat tipe kendaraan listrik yang dilakukan uji coba, yakni tipe sport, mpv, bus dan city car. Dengan mengambil rute Balai Kota-Jalan Wastukencana-Jalan Riau-Jalan Ir H Juanda (Dago)-Jalan Siliwangi-Jalan Dayang Sumbi-Dago-Jalan Merdeka dan kembali lagi ke Balai Kota.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK), mengungkapkan, Pemkot Bandung akan menjadi pemesan pertama kendaraan bertenaga listrik. Pasalnya, keberadaan mobil listrik sejalan dengan visi dan misi Pemkot Bandung yang berkomitmen menghemat energi dan go green.

“Populasi dan kebutuhan kita bertambah. Kita ini makhluk yang berpikir dan harus mencari cara baru yang survive dengan cara penghematan,” ucap RK dalam sambutannya,

“Pemkot Bandung akan menjadi yang pertama mengadopsi dan memesan bus listrik ini,” katanya.

Sementara itu, Menristek, Gusti Muhammad Hatta, menuturkan, produksi massal mobil listrik bisa direalisasikan pada 2017.

“Saat ini masih melakukan terus penelitian soal baterai. Kami inginkan baterai yang kecil, ringan, dan daya tampungnya (listrik) tinggi. Sekarang penelitian akhir 120 WH, kami ingin tahun depan bisa 200 WH lalu naik terus sampai 600 WH,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana memesan 100 unit bus listrik hasil karya tangan anak bangsa. Kendaraan massal berbasis listrik keluaran Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI itu, nantinya akan pemkot gunakan sebagai alat transportasi bagi pelajar di Kota Bandung. (r22)
 
Top