BANDUNG- Pemerintah Kota Bandung mengaktifkan kembali jalur sepeda di beberapa ruas jalan, tapi tidak menggunakan cat biru seperti tahun sebelumnya. Jalur sepeda hanya memakai marka jalan berwarna putih dan lambang sepeda juga warna putih.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, mengatakan, pengaktifan kembali jalur sepeda karena banyak warga pemakai sepeda yang meminta disediakan jalur sepeda. "Jalur sepeda sudah dicat lagi, tapi hanya pakai marka saja," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Senin (25/11/2013).

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Iming Akhmad mengatakan pengaktifan kembali jalur sepeda memang sudah dilakukan di sebagian jalan. Namun belum semua jalur diaktifkan.

"Jalur sepeda dicicil, dibuat marka saja, tidak dicat. Akhir-akhir ini banyak jalan diperbaiki, jadi jalur sepedanya luntur. Jadi jalur sepeda yang tertimpa hotmix kita cat ulang," ujar Iming.

Menurut Iming, jalan yang sudah dicat jalur sepeda yakni di Jalan Wastukencana dan Jalan Aceh sedangkan jalur Tegallega hingga Gasibu belum dilakukan pengecatan karena kondisi jalan masih belum kondusif.

Untuk anggaran pengecatan menurut Iming, pihaknya menggunakan anggaran pemeliharaan di APBD 2013 yang bersatu dengan pemeliharaan jalan sebesar Rp 1 miliar," ujar Iming. (w22)
 
Top